Senin, 24 September 2007

KONVERGENSI IT DAN TELKOMUNIKASI DAN KEUNTUNGAN KEPADA MASYARAKAT


Oleh : Sandhi Setya Praptama

Awalya

Dalam perkembangan dunia IT (informasi teknologi) manusia dituntut untuk bisa meraih segala informasi yang ada. Konvergensi IT atau juga disebut fokusisasi Teknologi Informasi mendorong manusia siap untuk bertanding dalam kancah persaingan global (global competition).

Dari masa ke masa tekhnologi IT ini mendorong masyarakat untuk bisa terjun bebas dalam mengerti teknologi, tak jarang masyarakat terpengaruh informasi yang negatif. Tak khayal banyak terjadi tindak criminal yang berbasis cyber crime .

The influence of technology information inilah yang memberikan banyak solusi-solusi mutahir demi kebaikan semua masyarakat di lingkup sosial.

Perkembangan IT juga tidak lepas dengan peran serta dari kemajuan telekomunikasi, tanpa adanya sinergi dari dua aspek ini masyarakat tidak mampu untuk bisa mengambil suatu peluang yang bagus (the best chance) untuk mendekatkan diri dengan teknologi (drawing near ourselves technologically) karena mendekatkan diri dengan tekhnologi mendekatkan kita ke arah kemajuan.

Telekomunikasi di masyrakat ini membantu masyarakat untuk mampu memtransmisikan informasi, membantu untuk penyebaran tekkhnologi akan lebih cepat

Permasalahan Yang Ada

Tetapi masalah yang timbul adalah peran opsi dari masyarakat memilih atau menggunakan tekhnologi yang benar tersebut masih kurang. Seringkali masyarakat melakukannya hanya dengan tindakan yang sangat konsumtif sehingga laju pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan sumber daya manusia untuk menjadi produsen atau menghasilkan suatu produk sangat kurang.

Perubahan demi perubahan yang mengubah life style masyarakat ini akan memiliki banyak keuntungan. Hal ini dibuktikan banyaknya fenomena peningkatan secara pesat di bidang sosial, bisnis dan industri.

Tetapi hal itu tidak akan menjadi masalah jika masyrakat tidak harus membeli tekhnologi tersebut. Hal ini akan memberikan efisiensi kepada masyrakat untuk bisa menggunakan tekhologi informasi dan telekomunikasi..

Masyarakat Harus Tahu

Tetapi dengan adanya konvergensi perkebangan IT dan telekomunikasi ini yang terpenting adalah solusi untuk memecahkan opsi, bagaimana masyarakat memilih tekhnologi tersebut untuk digunakan sebagai solusi yang termudah untuk menyelesaikan permasalahan hidup, baik sosial, bisnis, industri dan lain sebagainya.

Keuntungan yang akan diperoleh untuk mengerti dan mengakses perkembangan tekhnologi informasi, yaitu masyarakat dapat mengerti dan mengaplikasikan informasi yang diinformasikan tersebut menjadi sebagai solusi untuk menyelesaiakan problem dalam kehidupan bermasyarakat, dan kecepatan dalam mengakses informasi akan cepat sehingga kita bisa mengerti kesulurahan perubahan dalam dunia global dan mengikuti perkebangan tersebut.

Tidak ada komentar: